Transportasi di Thailand

Saya teringat sebuah pertanyaan dari teman kuliah ‘transportasi di Thailand itu gimana ? gampang ga?’

Well, let’s start with Bangkok!

Ada beragam transportasi umum di Bangkok yang untungnya sangat bisa dilihat di google maps. So, modal pertama baiknya selama di Thailand, pakailah sim card Thailand. Kalau kalian landing di Suvarnabhumi, mudah sekali untuk belinya, tiga provider besar Thailand, yaitu AIS, True, dan DTAC, buka stand di sana, tourist package THB 299 untuk 7 hari. Bisa juga beli di 7-11 yang tersebar di mana – mana (biasanya lebih murah, tetapi untuk setting-nya mungkin lebih tricky)

  1. BTS

Kereta yang tracknya di atas, alias sky train. Beli tiketnya bisa via ticket machine, jangan kawatir kalau lihat tulisan Thai, cari saja tulisan ‘English’ di pojok kanan atas, bisa juga pesan di loketnya Tiketnya berbentuk koin yang harus disimpan untuk nanti keluar di stasiun tujuan.

bts-bang-wa-s12

bangkok.com

Khusus BTS jalur Suvarnabhumi Airport, sering disebut juga ARL (Airport Rail Link). Biaya naik BTS tergantung jarak, sekitar 20 – 50 baht. Untuk ARL, dari Suvarnabhumi ke Phaya Thai 45 baht.

  1. MRT

Yak, selain BTS ada juga MRT, seperti Singapore, keretanya underground. Fun fact, saya pernah dengan bego-nya mau naik BTS tapi malah cari tangga turun haha. Yang kadang membuat bingung, interchange station antara MRT, BTS, dan ARL di beberapa tempat memiliki nama stasiun berbeda, contoh di Chatuchak market, stasiunnya MRT Chatuchak Park sedangkan BTSnya Mochit atau antara ARL Makkasan dan MRT Petchaburi. Tapi, semua itu muncul kok di google maps J

  1. Public boat

Ini unik, dan kalau cuaca baik, seru untuk dicoba. Ada public boat yang cukup besar yang rutenya membentang di Chao Phraya river, sangat recommended digunakan bila mau berkunjung ke Grand Palace – Wat Arun – Wat Pho, Asiatique, dan tempat – tempat di sekitar Chao Phraya. Biayanya 15 baht per orang, akan ditagih oleh seorang kondektur, biasanya ibu – ibu gitu.

Ada juga boat ukuran sedang (khlong boat/san sab) yang menyusuri sungai kecil (kanal) yang membentang di kota Bangkok. Jalurnya pun ada di google maps. Saya belum pernah coba ini (pic from bangkokforvisitor and Bangkok.com)

  1. Public bus

Public bus di Bangkok macam – macam, ada yang AC, dan ada yang non-AC, mirip Kopaja. Bus hanya berhenti di bus stop, tidak perlu lambaikan tangan karena pasti berhenti, kecuali kalau sudah penuh. Ongkosnya murah sekali, 9 baht jauh – dekat. Jalur – jalur tertentu seperti ke Don Mueang airport, seingat saya, sedikit lebih mahal.

  1. Tuk – tuk

Tuk – tuk ini mirip bajaj, walaupun kadang ada yang menyebut taksi. Sebaiknya gunakan hanya untuk jarak dekat, dan deal harga dulu sebelum naik. Anyway, banyak cerita scam oleh pengemudi tuk-tuk dengan modus mengajak ke toko – toko souvenir, terutama di sekitar Grand Palace.

  1. Taksi

Seperti di Jakarta, banyak provider taksi di Bangkok, katanya sih yang paling reliable yang warna-nya pink fuschia (paling ngejreng deh). Taksi di Bangkok mayoritas mobil sedan, seperti Altis, tapi ada juga yang versi lebih besar seperti Mobilio, Innova, bahkan Fortuner. Pastikan taksi yang kita naiki menggunakan ‘meter’ (argometer). Tarif taksi di Bangkok hampir sama dengan Jakarta. Btw, di Bangkok ada GrabTaxi dan Uber juga lho, saya sendiri kalau di Bangkok dan mau naik taksi selalu pesan pakai Grab karena lebih murah dan pasti jalurnya. Saya pernah asal naik taksi dan disasarin, ya saya marahin aja drivernya dan minta turun di BTS terdekat 😀

  1. Motorcycle taxi alias ojek

Yup, ada ojek juga lho di Bangkok. Sebenarnya, setau saya sih, tukang ojek pangkalan ini sudah punya kesepakatan harga yang biasanya ditulis di papan. Masalahnya, kadang kita tidak bisa baca tulisannya. Kalau naik ojek banyak berdoa deh, karena tukang ojek-nya suka ngebut dan mereka juga suka nawarin untuk bonceng bertiga. Well, saya pernah sih hahaha. Untuk jarak 3 km, biasanya saya bayar THB 40.

Outside Bangkok:

  1. Kota kecil jarang ada taksi. Adanya song-thaew, seperti bemo/angkot. Ongkosnya murah THB 10 – 20 saja, dan hanya melalui jalan – jalan utama. Bisa dicharter kalau butuh ke tempat yang jauh
  2. Kereta antar-provinsi:

Kita patut bangga dengan PT KAI kalau dibandingkan dengan kereta jarak jauh di Thailand. Mayoritas masih kereta lama dengan gerbong kelas 3 dan kelas 2. Harga tiket gerbong kelas 3 murah banget, contohnya Bangkok – Ayutthaya hanya 20 baht, tapi belum tentu dapat tempat duduk. Baru – baru ini, ada launching kereta baru jarak jauh, northern dan southern (mungkin juga ada north-eastern), jadi bisa dicoba kalau mau ke Chiang Mai.

bk-asia

new train 2nd class (bk-asia)

Ada 2nd class dan 1st class yang merupakan sleeper train. Untuk 1st class bentuknya semacam kamar kabin. Ongkosnya sekitar 700 – 900 baht untuk 2nd class dan 1100 – 1300 baht untuk 1st class, jarak Bangkok – Chiang Mai. Saya belum kesampaian nih naik kereta baru ini, pernah lihat, pas saya dalam kereta lama 3rd class, trus lihat kereta baru ini, rasanya langsung ingat film Before Sunrise hahaha.

  1. Minivan / rot-dtu

Minivan bisa menjadi pilihan transportasi untuk radius 3 jam dari Bangkok, seperti ke Ayutthaya, Lopburi, Pattaya, Hua Hin, dan tentu saja tempat tinggal saya, Rayong hehe. Kalau di Indonesia, kita biasa menyebut ini mobil travel. Oh ya, untuk saat ini tidak bisa naik minivan dari Victory Monument, bisanya dari terminal bus, bisa Mochit (northern), Ekkamai (eastern), atau Sai Tai Mai (southern). Ekkamai paling mudah dijangkau karena lokasinya dekat dengan BTS Ekkamai.

thebigchilli

thebigchilli.com

  1. Bus antar kota

Banyak sekali bus antar kota di Thailand, fasilitas juga macam – macam. Cukup bisa diandalkan kok. Mayoritas bus berangkat dari Mochit Bus Station, walaupun ada juga yang dari pool masing – masing.

  1. Pesawat

Ini sudah jelas kan ? Btw, karena pulau – pulau Andaman Sea adalah daya tarik untuk wisatawan, beberapa maskapai menyediakan jasa terbang sekaligus kapal menuju pulau, bisa dicek di website Air Asia dan Nok Air.

Semoga informasi ini bisa membantu 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s