Hong Kong – Shenzhen – Macau (day 2)

Day 2 : Disneyland

Menurut saya, ini hari paling menyenangkan dalam perjalanan ini. Kami beli tiket di Rosedale Hotel, seharga sama dengan di ticket booth Disneyland, yaitu HKD 499, free luggage tag Mickey Mouse. Oh ya, banyak kok tempat yang jual tiket ini, dan biasanya yang jual di luar justru ada bonus seperti luggage tag, pulpen, bahkan payung. Selain di travel service di atas, ada juga klook.com yang menjual tiket Disneyland HKD 445 saja, tapi harus pesan online, kemudian diambil ke kantornya.

Kami berangkat jam 8 lebih dari hotel, karena kesana hari Sabtu, udah takut kalau bakal penuh banget. Kami sampai di Sunny Bay, kemudian ganti ke line Disneyland Resort dengan kereta berjendela Mickey Mouse J

20150905_092417

wajib foto sebelum rame hehe

Sampai disana jam 9 lebih, antrian ticket booth sudah lumayan panjang, karena sudah pegang tiket, kami langsung ngantri di gate. Yak, sudah ngantri panjang sodara-sodara. Alhamdulillah, dibuka line antri baru, dan kami pindah agak ke depan hehehehe. Jam 10 gate pun dibuka dan semua orang berlarian. Menurut saran saya, gak usah lari-lari hehe karena wahana baru buka jam 10.30. Entah kenapa mayoritas orang langsung mengarah ke Adventureland (yang juga baru buka 10.30). Saya dan Fika sepakat kita akan ke Tomorrowland dulu. Kami pun duduk neduh, foto-foto, baru mendekati 10.30 kami mendekat ke sana. Wahana pertama yang kami naiki adalah Space Mountain. Seru banget ! Serasa naik roller coaster di tempat gelap. Jadi, intinya kami mengitari Tomorrowland, kemudian Fantasyland, makan siang di Tahitian Terrace, lanjut ke Adventureland, Grizzly Gurch, Mystic Point, dan terakhir Toy Story Land.

Makanan halal tersedia di Tahitian Terrace dan Explorer’s Club di Mystic Point. Explorer’s Club sedikit lebih mahal tapi terlihat lebih enak hehe karena ada menu Indonesia dan Jepang. Tahitian Terrace cenderung ke masakan India dan Melayu. Porsi makan-nya besar, kalau cewek bisa cukup untuk berdua. Satu porsi combo dengan lemon tea, sekitar HKD 102. Waktu itu saya makan basmati rice + tandoori chicken + lamb curry + lemon tea. Oh ya, kalau butuh praying room di Disneyland memang gak ada, tapi kita bisa ke City Hall (paling depan dekat tempat naik kereta), di sana kalau kita bisa minta difasilitasi ruangan untuk shalat. Sebelumnya, wudhu dulu yah. Biasanya dia akan bukain VIP waiting room, buat kita shalat hehehe.

Tips wisata di Disneyland :

• Beli tiket di luar Disneyland. Bisa di hotel atau travel service. Kalau beli di luar biasanya dapet souvenir juga dan harga bisa lebih murah.
  • Usahakan sampai di Disneyland sekitar jam 09.00 dan sudah sarapan.
  • Bawalah botol air minum, ada fasilitas refill, lumayan ngirit beli minum, harga air mineral di dalam Disneyland HKD 25.
  • Kalau beli tiket di luar, biasanya tidak dapat map dan time guide, mintalah map dan time guide sebelum masuk gerbang. Ada di tempat group ticket. Terutama perhatikan jam-jam pertunjukan seperti Lion King, Mickey Philharmagic, Parade, fireworks, dll. Rugi banget kalo gak nonton pertunjukan.
  • Tidak boleh bawa makanan ke dalam, kecuali diumpetin di dalam handuk atau baju dll. (not recommended hehehe)
  • Wahana wahana yang recommended untuk penyuka adrenaline rush : Space Mountain, Grizzly Gurch, Parachute (Toy Story land), Mystic Point, RC Racer (Toy Story land).
  • Satu jam sebelum parade dan fireworks pastikan sudah dapet tempat pewe untuk nonton. Saya dan Fika Alhamdulillah sudah puas ngelilingin Disneyland sekitar jam 6 lebih, kami pun duduk di kursi di bundaran depan Sleeping Beauty castle, sempat shalat Maghrib dulu, trus nyantai duduk di situ cerita-cerita sambil makan popcorn (HKD 40). Dari situ pewe banget buat nonton Magic Parade (jam 7) dan nonton fireworks (jam 08.30).
  • 20150905_192339

sleeping beauty castle before fireworks

• Habis fireworks selesai, pasti tumpah ruah banget kan semua orang. Buat yang masih single, belum bawa anak, pastikan langkah sigap biar ga heboh ngantri di stasiun MTR.
  • Bawa payung atau topi karena cukup panas, kecuali kesana pas winter hehe.
  • Walaupun harga souvenir mahal, tapi sayang kan kalo ga beli. Beberapa yang agak terjangkau :

Key chain ( isi 3) : HKD 68

Tumbler : HKD 78

Pulpen atau pensil : HKD 38

Topi atau Bando Mickey/Minnie Mouse : HKD 108 – 148

Magnet kulkas : HKD 45 (isi 1), HKD 75 (bentuk frame), HKD 78 (isi 4)

Yang agak mahal (hehehe) : kaos HKD 215, gaun Elsa atau Anna (Frozen) : HKD 350an (ati-ati yang punya anak cewe hihihi)

• Selain di Disneyland, ada toko souvenir Disneyland di HKIA Terminal 1, tapi koleksinya memang ga selengkap dan se-variatif di Disneyland, terutama topi. Kalau mau beli topi harus di Disneyland. Di toko-toko souvenir di Hong Kong, banyak tiruan-nya, mungkin gak palsu sih, tapi gak ada tulisan Disneyland Hong Kong hehehe.